Hal yang wajib dicek saat Serah Terima Rumah

Bagiakan Konten ini Via
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Proses serah terima rumah merupakan pengalihan hak kepemilikan bangunan dari pihak pengembang kepada pembeli. Dari sisi hukum, kedua belah pihak setuju untuk menerima tanpa adanya unsur pemaksaan.

Oleh karena itu, pengecekan perlu dilakukan agar Anda mengetahui rumah tersebut apakah dibangun secara benar dan layak ditinggali atau sebaliknya, sebelum adanya kesepakatan yang mengikat secara hukum.

Lalu apa saja yang harus dicek saat melakukan serah terima rumah?

1. Tes kunci di semua pintu dan penggunaannya

Langkah pertama saat memasuki rumah Anda adalah memeriksa semua kunci yang diberikan dan cobalah setiap kunci di semua pintu. Bisa jadi ada kunci yang rusak karena kesalahan pembuatan. Mungkin juga Anda menerima kunci yang salah sehingga tidak cocok dengan pintu di rumah Anda

2. Periksa permukaan dindingnya

Periksa dinding di rumah Anda untuk mengetahui apakah ada cacat pada plesteran, misalnya permukaan yang tidak rata, keretakan, dan lubang. Dekatkan lampu pijar ke dinding sehingga Anda bisa melihat kekurangannya. Cara ini juga bisa digunakan untuk memeriksa pintu.

3. Periksa jendela rumah

Bukalah jendela rumah selebar mungkin. Jendela itu harus bisa terbuka dan tertutup dengan lancar. Anda juga perlu mengamati lapisan cat pada bingkai jendela untuk mengetahui ada goresan atau tidak.

4. Nyalakan semua keran air

Buka semua keran air di rumah selama satu menit dan biarkan air mengalir keluar. Uji coba ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua keran berfungsi dengan baik dan saluran pipa air dipasang dengan benar sehingga tidak terjadi penyumbatan. Ingat juga untuk menyiram semua perlengkapan di toilet untuk memastikan bahwa sistem air dalam kondisi baik. Saat Anda melakukannya, perhatikan juga bila ada kebocoran.

5. Uji sistem kelistrikan

Bawalah pengisi daya baterai (charger) ponsel dan obeng pengetes arus listrik atau yang dikenal dengan test pen. Gunakan alat itu untuk menguji semua stop kontak berfungsi dengan benar. Jika baterai ponsel Anda terisi dengan baik dan test pen bisa menyala, berarti stop kontak dan listrik di rumah berfungsi dengan benar.

6. Periksa lantai rumah

Untuk menguji apakah lantai rumah rata atau tidak, Anda bisa melempar bola golf ke lantai. Jika bola menggelinding dan berakhir di sudut rumah, itu berarti kondisi lantainya bagus. Namun, jika bola itu berhenti di tengah-tengah lantai, ini menjadi indikasi bahwa lantainya tidak rata.

Sumber : Kompas.com

Bagiakan Konten ini Via
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Produk Kami
Previous
Next
Latest News

About Us

CitraLand Gama City Medan merupakan kota mandiri dengan berbagai fasilitas kota prestisius pertama yang mengintegrasi kawasan hunian eksklusif dengan pusat bisnis modern, mall, apartment, sekolah, universitas, rumah sakit, club house dan waterpark

Social Links

Office

  • Jl. Boulevard Barat Raya Kav 01 CitraLand Gama City Medan 20371 - Indonesia
  • citralandgamacity@ciputra.com
  • 0617385588
  • Everyday 8.30 am - 5.30 pm

©2020  |  

CitraLand Gama City  |  

Dev By Makassar Website ®